Rabu, 06 April 2011

4. Bagaimana cara kerja internet chat dan instant messaging ?


 Cara Kerja Instan Messaging yaitu Jaringan Instant messenger terdiri dari clients dan server. User menginstall sebuah client yang menghubungkan ke server yang dioperasikan oleh vendor jaringan IM, seperti AOL atau Yahoo Messenger. User yang mendaftar ke vendor IM diberikan ID yang unik,yang dapat berupa angka dan huruf. User lalu memberikan IDnya ke user lain yang ingin diajak untuk berkomunikasi melalui jaringan IM User memulai sebuah sesi IM dengan autentikasi ke server. Ketika dua user yang sudah melakukan authentikasi ingin berkomunikasi, rangkaian prosesx adalah :
• Alice menginstruksikan IM client untuk mengirimkan pesan teks kepada Bill. Client membuat sebuah paket yang berisi pesan dan mengirimkannya ke server.
• Server menerima isi paketnya dan melihat bahwa si penerima adalah Bill. Server lalu membuat sebuah paket baru yang mengandung pesn dari Alice dan mengirimkannya ke Bill.

Cara kerja Internet Chat yaitu
Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.
Kemudian untuk mengenal masing-masing Client Komputer internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.
Gambar Cara Kerja Internet Chat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar